Diberdayakan oleh Blogger.

Pemuda dan Sosialisasi

  • Pemuda
a.) Pengertian Pemuda
Pemuda adalah seseorang yang berpikir dan bertindak penuh dengan kesadaran dan tanggung jawab, menyadari bahwa dirinya harus melakukan suatu perubahan yang baik yang dimulai terhadap dirinya sendiri kemudian terhadap orang lain. Seseorang dikatakan sebagai pemuda apabila usianya beranjak 15-21 tahun. Dalam usianya yang demikian, pemuda dikatakan masih harus belajar untuk dapat mengontrol diri karena sifatnya yang tergolong masih emosional. 
b.) Peran Pemuda

Pemuda sebagai generasi penerus atau calon pemimpin mempunyai beberapa peran yang harus ia jalani, yaitu:
- Pemuda harus mampu melakukan perubahan yaitu perubahan yang baik. Karena perubahan merupakan indikator suatu keberhasilan terhadap gerakan seorang pemuda.
- Pemuda dituntut untuk dapat beradaptasi dengan kehidupannya yang baru dimana segala yang ia lakukan harus didasari dengan penuh rasa tanggung jawab.
- Pemuda harus dapat bersosialisasi dengan orang-orang di sekitarnya. Belajar memahami orang lain dan dirinya sendiri melalui orang lain tersebut.
  • Sosialisasi
a.) Pengertian Sosialisasi

Sosialisasi adalah proses belajar individu untuk mengenali dan memahami norma-norma yang berlaku di lingkungannya agar perilakunya sesuai dengan tuntutan masyarakat. Proses sosialisasi ditentukan oleh lingkungan sosialnya. Sosialisasi dititik beratkan kepada individu yang ada dalam suatu kelompok memahami tentang bagaimana caranya ia dapat diterima oleh kelompok tersebut. 
b.) Fungsi Sosialisasi

Fungsi sosialisasi terhadap individu dan masyarakat adalah:
- Mampu mengenali, mengakui dan menyesuaikan diri dengan nilai dan norma-norma, serta struktur sosial yang ada di dalam masyarakat.
- Sebagai alat pelestarian, penyebarluasan, pewarisan nilai dan norma-norma yang ada sehingga tetap ada dan terpelihara oleh seluruh anggota masyarakat.

  • Hubungan antara Pemuda dan Sosialisasi
Pemuda harus dapat bersosialisasi sehingga perannya untuk melakukan gerakan perubahan dapat tersampaikan. Dengan bersosialisasi seluruh pemuda dapat bersatu melakukan perubahan yang lebih baik. Karena pemuda adalah harapan bagi masyarakat untuk melakukan suatu pembangunan. Pada era ini teknologi mampu berdampak negatif pada pemuda karena munculnya sifat individualisme. Jika para pemuda bersifat individualisme maka sulit terciptanya perubahan karena pemuda tersebut akan sibuk mementingkan dirinya sendiri dan tidak peduli terhadap lingkungan di sekitarnya. Dengan demikian hubungan antara pemuda dan sosialisasi sangatlah erat.

Sumber:
http://wahyuningtiyas.blogspot.com/2008/12/pengertian-pemuda-menurut-kamus.html
http://celoteh-galang.blogspot.com/2012/10/pemuda-sosialisasi-identitas-perguruan.html
http://harrisanggara.blogspot.com/2010/11/pengertian-sosialisasi.html
http://texbuk.blogspot.com/2012/02/tujuan-fungsi-sosialisasi.html
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Masyarakat dengan judul Pemuda dan Sosialisasi. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://pakarimoya.blogspot.com/2013/02/pemuda-dan-sosialisasi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Anton_Pakarimoya - Minggu, 03 Februari 2013

Belum ada komentar untuk "Pemuda dan Sosialisasi"

Posting Komentar