Diberdayakan oleh Blogger.

Masyarakat Pedesaan & Masyarakat Perkotaan

  • Pengertian
Masyarakat pedesaan adalah sejumlah kelompok individu yang hidup dan bersosialisasi di daerah terpencil yang terkadang sangat sulit untuk dijangkau daerahnya dengan jumlah individu yang tidak banyak. Sedangkan masyarakat perkotaan adalah sejumlah kelompok individu yang hidup dan bersosialisasi di daerah yang besar dengan kehidupan yang lebih modern serta mengikuti alur perkembangan jaman. Masyarakat pedesaan sering disebut sebagai orang 'katro' karena minimnya pengetahuan tentang kemajuan teknologi dan tidak memiliki kehidupan yang modern.  Mereka yang berurbanisasi ke kota besar seperti kota Jakarta biasanya sering sekali dikucilkan. Contohnya apabila mereka masih duduk di bangku sekolah, mereka akan jadi bahan ledekan teman-temannya. Orang desa biasanya memiliki antusias yang tinggi untuk mengetahui sesuatu. Mereka mempunyai rasa kepedulian yang lebih terhadap orang lain dibandingkan dengan masyarakat perkotaan yang cenderung individualis. Rata-rata orang kota memiliki tingkat kegengsian yang tinggi. Sehingga jarang dari mereka yang mau berteman dengan orang desa karena dianggap tidak sederajat dengan mereka.


  • Ciri-ciri
Adapun ciri-ciri masyarakat pedesaan dan masyarakat perkotaan sebagai berikut.
Ciri-ciri masyarakat pedesaan:

  1. Berpenampilan sederhana, mereka cenderung tampil apa adanya.
  2. Kental terhadap adat istiadat yang berlaku di daerahnya. Mereka takut untuk melanggar apa yang sudah mereka yakini selama ini. Karena mereka percaya apabila mereka melanggar maka akan mendapatkan hukuman yang sudah diyakini oleh adat istiadatnya.
  3. Kebanyakan dari mereka masih lugu, terkadang ada orang jahat yang memanfaatkan keluguan mereka seperti menipu mereka atau justru membuat mereka ikut melakukan kejahatan yang disuruh. 
  4. Cenderung taat terhadap agama, mereka sangat menjalani aturan-aturan agama yang mereka yakini. 
  5. Memiliki solidaritas yang tinggi dan bersifat kekeluargaan. Jika salah satu kerabat mereka dalam kesusahan maka mereka akan saling membantu untuk menyelesaikan masalah tersebut.
  6. Lugas, berbicara apa adanya sesuai dengan kenyataan yang ada. Namun karena keluguan mereka terkadang mereka juga bisa dibujuk untuk berbohong.
  7. Kurang percaya diri juga dimiliki kebanyakan masyarakat pedesaan. Mereka cenderung malu untuk melakukan hal yang biasa dilakukan oleh masyarakat kota.
Ciri-ciri masyarakat kota:


  1. Individualis, mereka tidak terlalu memikirkan orang lain. Yang mereka pikirkan hanyalah hal yang menguntungkan untuk dirinya sendiri.
  2. Berpikir rasional, yang dimaksud dengan berpikir rasional adalah berpikir menggunakan nalar atau berdasarkan data yang ada sehingga dapat mencari kebenaran yang faktual. Mereka yang bekerja untuk kepentingan orang banyak harus berpikir rasional karena dengan begitu mereka akan mempunyai bukti yang objektif yang bisa diargumentasikan dengan orang lain sehingga dapat dijadikan tolak ukur kemampuan untuk bersaing di dunia kerja.
  3. Non religius, beda halnya dengan masyarakat desa, masyarakat kota cenderung tidak terlalu taat terhadap agama. Sehingga sering membuat mereka terlepas dari aturan norma-norma yang ada. Seperti pergaulan bebas, pemakaian narkoba dan kriminalitas yang tak pernah luput dari kehidupan kota.
  4. Tidak mudah dibohongi, orang kota tidak mudah dibohongi karena mereka sudah terbiasa melihat kejadian-kejadian yang ada di sekitarnya. Sehingga mereka belajar untuk melindungi diri mereka sendiri dari kejadian tersebut.
  5. Tingkat kegengsian yang tinggi, mereka sering tidak mau berbaur kebiasaan dengan orang desa yang dianggap mereka kotor ataupun bukan hal yang biasa mereka lakukan.
Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa perbedaan masyarakat pedesaan dan masyarakat kota sangatlah menonjol dimana karakteristik mereka sangat berlawanan satu sama lain. Namun karena kita tinggal di negara yang menjadikan pancasila sebagai dasar negara dan menggunakan semboyan "Bhinneka Tunggal Ika", maka sudah sepatutnya kita saling menghargai satu sama lain dan saling bersatu melakukan pergerakan agar terwujudnya negara yang adil, aman dan sejahtera.

Sumber:
http://tyomulyawan.wordpress.com/perbedaan-masyarakat-kota-dengan-masyarakat-desa/
http://www.djohansjahmarzoeki-rationalthinking.com/index.php?option=com_content&task=view&id=18&Itemid=40
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Masyarakat dengan judul Masyarakat Pedesaan & Masyarakat Perkotaan . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://pakarimoya.blogspot.com/2013/02/masyarakat-pedesaan-masyarakat-perkotaan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Anton_Pakarimoya - Minggu, 03 Februari 2013

Belum ada komentar untuk "Masyarakat Pedesaan & Masyarakat Perkotaan "

Posting Komentar